Pimpinan Cabang GP Ansor Wonosobo

Media Informasi Pimpinan Cabang GP Ansor Wonosobo

3 Januari 2017

Apel Siaga Banser Wonosobo dan Banjarnegara, Tangkal Radikalisme Masuk Pesantren

Atas gagasan bersama Keluarga Besar Yayasan Ghozali Syihab, PC GP Ansor Wonosobo, Dandim dan Polres Wonosobo serta Polres Banjarnegara, sepakat untuk melaksanakan kegiatan Apel Siaga Banser Wonosobo dan Banjarnegara.

Dihadiri oleh sekitar 1.500 personil Banser dari Wonosobo dan Banjarnegara, yang menjadi inspektur upacara dalam acara ini adalah Kapolres Wonosobo. Kegiatan Apel Siaga Banser ini bertujuan untuk meningkatkan peran sekaligus wahana konsolidasi Banser dalam upaya menangkal gerakan radikalisme yang mulai masuk pesantren.

Hal ini sebagaimana harapan Keluarga Besar Yayasan Ghozali Syihab yang menolak dan tidak menginginkan munculnya gerakan-gerakan radikalisme di pesantren. "Pesantren adalah tempat ngaji bagi santri/anak bangsa dalam menimba ilmu agama sekaligus pencetak generasi yang berakhlakul karimah", demikian kata Gus Rosun Syihab.

"Sehingga bila ada oknum yang mencoba memanfaatkan atau mengatasnamakan pesantren melakukan penyusupan sehingga muncul gerakan radikalisme di pesantren Siwatu, sangat kami tolak." begitu imbuhnya.

Sementara itu Pasukan Banser yang hadir pada acara tersebut bersepakat, bersama-sama ulama dan pesantren membentung munculnya gerakan-gerakan radikalisme dalam bungkus apapun. "Jangan sampai gerakan-gerakan itu muncul di Wonosobo maupun dikota lainnya spert Banjarnegara". Begitu pesan Kyai Nuril Arifin dari Semarang.

Drs Muchotob Hamzah MM selaku sesepuh NU Wonosobo juga menyampaikan wejangan agar GP ANSOR dan Bansernya paham akan peran sejarah baik ulama NU maupun Pemuda ANSOR dalam upaya mempertahankan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. "Kejadian 10 November 1945 dan upaya pemberantasan PKI 1965 misalnya, siapa yang berperan? Banser Ansor!!", begitu beliau mencontohkan.

Acara ini juga dihadiri keluarga besar Yayasan Ghozali Syihab, diantaranya Bpk KH Muslim, KH Tabrani Syihab, Ibu Yuli dan Gus Khairasun Syihab.

Harapan PC GP ANSOR melalui kegiatan ini adalah sinergitas antara TNI dan POLRI dalam upaya membentengi Kabupaten Wonosobo yang damai dan kondusif dari gerakan-gerakan radikalisme selalu terbangun seperti yang sudah tercipta selama ini. (santoso/PC GP Ansor Wonosobo)

Apel Siaga Banser Wonosobo dan Banjarnegara, Tangkal Radikalisme Masuk Pesantren

Tidak ada komentar:

Posting Komentar