Ansor Riau "Sowan 1000 Kyai"

shares |

Meranti - Gerakan Pemuda Ansor Provinsi Riau secara resmi meluncurkan program #Sowan1000Kyai pada pelaksanaan Diklatsar Banser di Desa Semukut, Kecamatan Pulau Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti. Sekitar 1000 Banser dan Ansor se Riau akan sowan (mendatangi) Kyai kyai kampung pengamal Islam Aswaja untuk dijadikan pembimbing spiritual Banser dan Ansor.


Lewat program sederhana ini, Ketua GP Ansor Riau Purwaji mengatakan Ansor ingin meneguhkan tugas dan kewajibannya sebagai benteng Islam Ahlusunnah wal Jamaah, pengawal ulama dan NKRI. "Ini juga membuktikan bahwa Ansor dan Banser itu dekat dengan para ulama, penjaga ulama dan dibimbing para ulama," terangnya.

Purwaji mengatakan, setiap Banser dan Ansor yang telah menyelesaikan pendidikan dasar wajib menemui dan memilih kyai di kampungnya untuk dimohonkan kesediannya dijadikan pembimbing Banser. "Pulang diklat langsung cari dan temui kyai NU di kampungnya, mohon doa restu dan sekaligus mohon kesediaannya menjadi pembimbing," katanya.

Paling sedikit dari program ini akan dapat didata 1000 kyai kampung pengamal Islam Aswaja di seluruh Riau. Mereka ini adalah para kyai yang akan secara khusus dijaga Banser dan tidak boleh diganggu oleh siapapun dalam menjalankan amaliah ala NU di desanya.

"Sekarang ini semakin berkembang faham yang suka menyalahkan tata cara beribadah umat Islam. Yasinan tahlilan bidah, maulid Nabi bidah dan lain lain. Semua itu sangat mengganggu dan kita pastikan keberadaan Banser untuk mencegah intervensi atau intimidasi kelompok kelompok baru semacam itu," tegas Purwaji.


Related Posts

0 komentar:

Posting Komentar